Tuesday, 30 June 2015

Bicara Soal Prinsip.

Gw ini kadang kalanya cerdas kadang kalanya lemot juga nyari solusi kalo ada masalah . sengaja gw posting tulisan ini karena bisa nebeng curhat di web sobat KD  hehehehe....( makasiiih ya buk  ,matur nuwun pisan dah dikasih space buat nulis, sekalian ngeramein web buk diena neh  J  ). Cerita berawal  gara gara gw disemprot abis sama doi yang gw pikir bahwa satu topik pembicaraan umum yang bersifat canda gurau, ternyata  gak semua yang umum berlaku umum lho...Naaah ini masalahnya.!! . Tau gak ? dia itu orangnya simpel dan biasa biasa aja dalam hal apa aja, lalu pada satu saat gw  nyampein sebuah pandangan  yang pada hakikatnya gak bermaksud menyinggung apalagi melecehkan siapapun dan menurut pengamatan doi karena gw sering nyebutinnya istilah doi nyinyir bro..! . Puncaknya gara gara hal yang umum menurut gw plus nyinyir nya ..padahal gw sendiri gak ngerasa punya penyakit kayak gini,rasa rasanya bukan penyakit turunan tapi ya udahlah !!! itu hak doi menilai...lalu hal ini ampe merebak jadi sangat emosional dan ampe cakar cakaran segala lho...hehehe ( biar dramatis sikit neh.. pembaca pasti parno ( ngebayangin kucing berantam hehhe..  J ) untung gak terjadi kasus engeline demi memuaskan ego ..

Gak taunya topik atau pembicaraan satu hal yang umum bisa terjadi persinggungan soal prinsip hidup , hal ini yang gak pernah gw perhatiin dan sadari..(kayaknya gw ini orang yang gak care bangeet deh )...mulut ini nyorocos aja kayak pelor belanda..soal  “prinsip” sejatinya gw dah ngerti namun untuk hal yang sudah sifatnya  umum gini kok bisa berpengaruh sama prinsip seseorang ya.. . Jadinya malah keserempet juga deh. 

Gw ngerti kalau suatu prinsip itu biasanya bersifat mutlak dan tidak bisa dikompromikan atau ditukar dengan apapun. Kalo udah dapet sesuatu hal yang bertentangan dalam suatu hal maka otomatis ada perasaaan yang muncul dengan sendirinya yang disebut dengan “kecewa”. Wooow ini yang kagak gw suka ,apalagi si doi rada nyenggol gak iiifiiil ...mmmmm. gw jadi ikut merasa salah besar..!! ada perasaan takut kalo doi bakal memberi sanksi moral deh... J Mungkin ada kesenjangan komunikasi, bisa jadi prinsip ini boleh diartiin antara jauhnya harapan  dari kenyataan atau barangkali sedikit berbedanya hal yang kita maksudkan terhadap hal yang ada. namun karena hal ini bersifat mutlak maka mau tidak mau perasaan ini akan muncul karena sikap gw mulai rada kagak sesuai dengan prinsip doi.
Gw harus intropeksi diri juga jadinya dengan kasus yang doi kategorikan sebagai hak mutlak. gw harus jadikan pelajaran berharga dari kasus ini adalah bahwa semua orang yang ada didunia ini adalah tidak sempurna...nah itu hal yang pertama. Lalu disatu sisi lain ada yang istilahnya paradigma berpikir hitam dalam hidup. Dan disatu sisi lain ada paradigma putih dan suci dalam hidup ini.

Contohnya neh, kalau kita lihat sebuah cahaya putih maka kita akan senang sekali melihat indahnya warna putih ini karena identik dengan suci dan bersih. Kalau kita selidiki lebih dalam ternyata warna putih tersebut terbentuk dari berbagai macam warna yang tergabung menjadi satu sehingga menjadi suatu cahaya putih yang terang bersinar suci dan bersih. Lalu ada satu contoh lagi kalau kita lihat sebuah lingkaran yang melengkung sempurna, sehingga kita takjub melihat keindahan lingkaran tersebut. Tapi jika kita lihat lebih detail ( ini yang gw maksud lebih care ama doi.. J  ) ternyata lingkaran yang indah itu terbentuk dari jutaan garis tak beraturan yang nyatu sampai ngebentuk pola sudut yang kalo kita hitung jumlahnya bisa gak kehitung.

Pembaca yang terhormat, jadi prinsip itu ada diantara pola sudut yang tak terhitung itu yang perlu kita perhatiin dan pelajari agar bisa terjadi keseimbangan sikap . menyikapinya. simple aja..cari sebuah cermin lalu ngaca dan lihat dari berbagai perspektif, ketemu deh..
Artinya gw harus lebih care lagi untuk melihat hal yang baik, yang parah itu gw nya siih..mungkin ada persoalan frekwensi ego yang rada memuncak saat itu, bukannya menjadi bijak eeeh malah turun level kayak anak baby deh..gw sadar harusnya bisa menetralisir tapi ??? emosi gw ngelantur sana kemari....engkau yang disana mafiiin aku ya beib !!...  L  

Akhirnya Gw dapatkan  satu hikmah kalau seseorang punya satu prinsip yang udah dianut,kayaknya kita harus menerima itu dengan sabar dan ikhlas. Karena gw juga punya “prinsip”  lalu  perbedaan itu lah yang bikin hidup ini gw rasa jadi berubah lebih baik..tentu saja ada rasa syukur dan cinta dihati itu selalu dikasih sama Allah dan bisa menunjukkan kebaikan dalam hati dan hidup ini .Hidup ini memang begitu keras maka dari itu prinsip didalam hidup harus kuat untuk menghilangkan semua apa yang menjadi penghalang bagi diri kita, tapi tak semua orang yang selalu kuat pada prinsipnya. Kadang-kadang suka berprinsip lemah disaat ada ujian hidup mendekat, seperti kata bijak :

“Gigitan seorang sahabat akan lebih baik daripada ciuman seorang musuh”

"Sebuah kata maaf selalu yang menjadi terbaik apa bila kita ingin melepaskan beban dalam hati kita,, walaupun terasa sangatlah berat untuk mengucapkannya"

Bersyukurlah jika dalam mengarungi kehidupan ini mendapatkan cobaan dan masalah. Karena ketika kita mendapatkan cobaan dan masalah itu kita akan selalu teringat dengan Tuhan"

jazakallah.

by ; so1512.


Monday, 29 June 2015

MAAF

Maaf............mungkin selama ini aku bukanlah sahabat yang baik..

Maaf juga.. ...mungkin selama ini aku sering melalaikanmu..

Maaf lagi.. ..   mungkin selama ini aku membuatmu merasa sedih tersisihkan..

Maaf juga....  .mungkin selama ini ada bicaraku yang memedihkan hatimu..

Maaf sungguh..mungkin selama ini aku sering tidak memahamimu...

Maaf.. ..........aku hanya manusia biasa yang tak sempurna..



Karena kelemahanku itu sering aku panjatkan doa untukmu dikesempatan yang ada...
Semoga Allah selalu menyayangimu..karena siapapun kamu...kamu itu adalah sahabatku.. Mohon perkenan hadiahkan aku doamu jua, doakan aku agar aku menjadi sahabatmu yang baik

Doakan aku agar aku tidak lupa mendoakanmu juga. 

Amiiiin ...






DD5362

Kayak Anak TK aja dech ...!!

Dewasa dikit dong, kayak anak TK aja dech..gitu kudengar teriakan di sebelah rumah..hehehehe. ...Ternyata satu kata " Dewasa" yang kita baca itu takkan mudah untuk ngejalani nya bila tidak pernah melakukan instropeksi diri dalam hal  menahan emosi secara luas..artinya emosi ,fitnah,pikiran negatif ..pokok nya  menahan diri kita sendiri dari ketidak sabaran .

Intinya bermula dari “mengenal diri sendiri”.....

Kalo inget pesan dari orang tua, perlakukanlah orang lain sebagaimana memperlakukan diri sendiri, sesuatu yang menyakitkan buat diri sendiri, berarti juga akan menyakitkan buat orang lain, maka jagalah untuk selalu berbuat yang tidak menyakiti diri sendiri dan orang lain dan seperti pepatah

 " siapa yang menabur angin akan menuai badai".

Ada lagi  satu kata bijak lainnya adalah sebagai berikut:

“Jika aku menjadi dia, pasti aku akan melakukan hal yang sama” mengandung banyak makna, antara lain :

1. Kita akan banyak memaklumi perbuatan orang lain, walau itu mungkin negatif.
2. Kita mencoba memposisikan diri pada diri orang lain, ya kemampuannya, kekuatannya, kepandaiannya, kondisinya dan sebagainya lah.

Bijak merupakan kata yg tak mudah di lakukan atau pun di mengerti, sohib kata itu menuntun banyak cobaan dan halangan.

Kedewasaan merupakan proses belajar jangka panjang….mulailah dari memahami konsep diri anda….analisis kelemahan dan kekuatan diri anda…dan perbanyak lah mempelajari kehidupan sosial baik dari buku, pengalaman, dan kehidupan sosial….lalu cobalah terus mengubah diri…insyaallah bisa jadi punya bekal sifat dewasa….deh.



Moga ibadah puasa kita semua, tentunya lebih baik dari tahun yang lalu.dan Insyaallah mendapat Barokah dan Hidayah Nya kepada kita semua..amiiin

Lupa bahwa tujuan mereka sebenarnya adalah sama

Meskipun dalam perjalanan kehidupan ini terkadang harus ada sedih dan duka, perdebatan dan selisih paham namun bila cinta itu memang ada, semua pasti menjadi sebuah keindahan. Sering tak disadari pada saat dan ketika waktu itu, baru kemudian pada saatnya disadari..Tidak ada yang harus dipaksakan. gak juga harus memaksakan. Tapi ketulusan lah yang membuat cinta itu ada ...Mungkin juga mereka lupa bahwa tujuan  sebenarnya adalah sama. saling memberi dan menerima cinta untuk kasih sayang bersama.
weheart it.google
Tidak ada penyelesaian yang hanya bisa diselesaikan oleh salah satu, semua harus bisa bersama. Gengsi ?!  ya !!! Gengsi itu untuk apa?! apa yang membuat seseorang menjadi lebih bergengsi ?! Apa harus ada gengsi di antara pasangan bila memang cinta itu ada ?!
Di antara mereka yang aku sukai atau kagumi, aku tak melihat suatu kesamaan. Tapi di antara mereka yang aku kasihi,.dapat ku menemukannya: kalo mereka semua membuat ku tertawa senang.. 

Sunday, 28 June 2015

Teman terbaik itu Buku


Kegiatan yang membuat kita nyaman adalah membaca buku serta mengembangkan daya pikir dan meraih ilmu pengetahuan di dalamnya.

Buku adalah teman yang tidak suka memuji dan tidak menyeret kita kepada kejahatan. Ia adalah sahabat yang tidak membuat kita bosan, tidak mengancam keselamatan kita. Ia adalah sahabat yang tidak berniat memeras kebaikan kita dengan rayuan, tidak akan menipu dengan kepalsuan dan dusta.
membaca google

Sewaktu kita membuka halaman demi halaman buku, perasaan mendapat stimulus dan daya intelektual pun menjadi tajam. Contohnya kalau kita membaca biografi orang lain, kita bisa mempelajari cara berpikir mereka. 
Dengan kata lain apa yang kita pelajari dari halaman-halaman sebuah buku selama satu bulan terkadang tidak bisa kita raih dibanding dengan belajar dari orang orang selama satu abad...(berlebihan yaa!)

Buku selalu setia menemani siang maupun malam, ketika kita sedang dalam perjalanan atau sedang dirumah. Buku tidak akan merasakan kantuk atau lelah meski kita belajar bersamanya sampai larut malam. Ia adalah guru yang selalu siap kapan saja kita butuhkan. Ia adalah guru yang jika kita menolak memberikan sesuatu kepadanya, ia justru tidak menolak memberi sesuatu kepada kita.
Jika kita meninggalkannya, kesetiaannya tidak akan berkurang, juga ketika semua orang menyerang kita, bermusuhan dengan kita, ia tetap berada dipihak kita.

Selama kita berhubungan dengan buku, ia akan menghindarkan kita dengan orang malas, ia akan menjaga agar kita tidak duduk sambil menonton orang lalu lalang, ia menyelamatkan kita dari pergaulan dengan orang-orang yang rendah akhlaknya, jelek ucapannya, ia menjaga kita dari keterlenaan serta tidak terhanyut dalam mimpi bodoh di siang hari.

Dengan demikian buku adalah teman sejati yang telah memberikan kita banyak kebaikan, mari mulai mencintai buku karena dengan membaca kita memperoleh manfaat yaitu antara lain: 

1. Menghilangkan kecemasan dan kegundahan dan kebodohan

2. Tidak berhubungan dengan orang malas

3. Menjernihkan cara berpikir, mengembangkan kefasihan dalam bertutur kata

4.Meningkatkan pengetahuan, memori dan pemahaman

5.Dapat mengambil manfaat dari pengalaman orang lain

6. Dapat mempelajari berbagai disiplin ilmu yang berguna untuk kehidupan

7. Menuntun kita kearah kebaikan dan menjauhkan kita dari kejahatan

8. Menyegarkan pikiran dan menyelamatkan waktu supaya tidak terbuang sia sia

9. Kita bisa memahami yang tertulis ataupun yang tidak tertulis (yang tersirat)

Membaca sesungguhnya adalah makanan jiwa dan buku yang terbaik, tertinggi dan paling berharga adalah Kitab suci Al-Qur'an, Allah SWT berfirman: "Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman." (al-A'raf:2)


Semoga bermanfaat



DD5362

Saturday, 27 June 2015

SABAR....

Sabar itu berarti Menahan

Menurut istilah yaitu menahan diri dari segala hal yang tidak disenangi atau menerima dengan ridho terhadap hal yang tidak disenangi yang telah sedang menimpanya.


Sabar itu ada 3 :


Sabar untuk mentaati terhadap segala perintah Allah sampai dia menunaikannya. Baca Al baqarah 45.

Sabar untuk menjauhi segala hal yang dilarang Allah

Sabar tehadap qodo' dan qodarnya. 

Mudah2an berguna..yaa

Sahabatku..Masihkah ada Padang Kota tercinta itu ada dihati kita semua.. "

Mendadak aku pengen ngeposting tentang kota padang deeh, kota dimana aku tumbuh dan tempat ku belajar tentang nilai kehidupan namun .. kenapa ya? Setelah beberapa bulan ini kayak kerasa ada yang mengganjal dihati ku mengingat keadaan kota tempat aku dibesarkan itu- jauh berbeda suasananya  dari waktu 5 tahun yang lalu atau 25 tah un yang lalu. Bedaanya yaaa  dengan kondisi kota yang gak layak disebut sebuah ibu kota yang maju dan modern. Suasana kota yang aku rasakan dulu begitu rapih, asri dan resik. Jadi ingat pengalaman pertama dulu di Jakarta aku buang sampah di terminal blok m ada yang nyelutuk  “uuuh..kampung orang dikotorin, kampung dia (Padang, red) kagak boleh buang kotoran sembarangan..” saking  kota padang ini dikenal orang lain dengan ketatnya disiplin membuang sampah ,dikarenakan selalu konsisten menjadi  kota terbersih di Indonesia, dan sampai aturan membuang sampah jadi bahan omongan sinis buat orang Padang yang berada dirantau jika buang sampah sembarangan..itu sebelum Jakarta membudayakan melarang merokok .(bangga juga siih, walau sedikit kesel heheheheh ) disaat kota ini selalu jadi langganan memperoleh penghargaan kota terbersih se Indonesia.

"Kota Padang Tercinta", punya arti yang sangat mendalam di setiap hati warganya terutama para perantau. Kota yang molek dikelilingi oleh perbukitan dan Sungai  dengan dibentengi oleh Samudera Indonesia yang luas telah menjadi kota impian ...!! Kota yang berkisah tentang CINTA, KEDURHAKAAN ANAK MANUSIA dan KERINDUAN di sebuah Teluk yang indah Plus tertata BERSIH...semua menyatu dalam kisah haru dan inspiratif.

Sekarang kalau kita  mulai  melangkah masuk  "pintu gerbang" kota Padang, seolah olah kita berada ditengah pasar, duuuh tepatnya pasar yang segede kota, mulai dengan tampilan macam space iklan  yang berlomba lomba dengan merk toko dan warung yang semrawut penempatannya ditambah dengan bertebarannya pasar disetiap sudut kota serta Pasar Rayanya yang berantakan  . Sungguh ironis memang.  

Sebenarnya kota Padang khususnya Sumbar pada umumnya punya alam yang gak kalah indahnya dengan daerah lain atau negara diluar sana.. Kalau ada yang kurang, mungkin sarana dan prasarananya..kayaknya warga kota ini sudah gak peduli lagi dengan kebersihan kotanya atau kah tata kelola pemerintahannya yang mandul ??? (malu aku melihat kondisi kota ku ini).. sejak peristiwa gempa  2009 sampai sekarang aku gak melihat lagi gairah atau semangat masyarakat dan pemerintahannya untuk bangkit menata dan  merawat kota ini menjadi lebih bersih dan asri dari sebelum peristiwa gempa terjadi. Minimal  pemulihan apa yang  sudah dicanangkan dan dibuktikan sukses di rasakan, alam yang  sangat indah, asli dari Sang Pencipta inilah yang harus dipelihara, dijaga kelestariannya tapi sayang banget tidak dikelola secara berkesinambungan. Sebagai kota tujuan wisata  Padang tak ubahnya ibarat pasar yang berbentuk kota. 

Ditempat tempat wisata, toilet jarang ditemukan, kalaupun ada-sangat kotor, bau..tempat istirahat juga hanya di pinggir pinggir jalan atau warung warung, yang mau gak mau wisatawan terpaksa harus belanja / makan disana untuk sekedar melepas lelah.. Juga perkampungan di dalam dan luar kota  Padang yang tidak lagi menampakkan ciri  khas  wilayahnya. Semua etalase perkampungan yang terletak dipinggiran jalan sudah dipenuhi warung atau tepatnya pasar pasar yang tumbuh liar dimana mana. Sulit bagi kita membedakan mana kampung, kecamatan atau wilayah perkotaan yang tertata rapi aku temui di kotaku yang tercinta ini. Subhanallah.

Aku bertanya dalam hati “kemanakah kebersihan, keindahan  kota padang tercinta yang  pernah membuatku bangga ketika diledekin orang di rantau sana???”. Bulan lalu saya dan teman-teman berkesempatan mengunjungi beberapa tempat wisata di ranah minang ini.. Dari Bandara International Minang Kabau - BIM  aku  menyusuri pesisir barat Sumbar, jalan raya lumayan bagus hanya beberapa kilo meter saja yang masih rusak didaerah Pariaman ini menjelang Lubuk Basung (lupa deh nama desanya). Dikiri kanan jalan pemandangan sangat indah, ini yang membantuku dari  kebosanan duduk di mobil ber jam-jam itu..untuk kuliner  gak masalah, kita bisa makan dirumah makan yang banyak di sepanjang jalan sesuai selera masing-masing, artinya gak susah cari tempat makan didaerah Sumbar..

Ibukota Sumatera Barat ini emang selalu bikin aku kangen. Kangen sama makanannya, sama pantainya, dan sama keluarga besar ku yang ada disana....karena sudah puluhan tahun ku tinggal merantau..yang selalu ada di pikiranku Padang tambah maju dan makin kental dengan budaya BERSIH.

Jadi??? Kalian semua penasaran kan kenapa aku selalu pengen ke Padang lagi dan lagi? *aku ga terima kalo jawabannya engga* hahahaha


Kalo kita menyebut nama Minangkabau, yang terlintas dibenak orang yang mendengar tak lain masakan Rendang, Rumah Gadang dan Rumah Makan. Plus yang namanya Rancak Bana maksudnya kepada keindahan Alam Minangkabau. Saat ini (harusnya)  atau mulai di masa tempo dulu masih tetap indah dan asri. PADANG sejak dulunya sudah punya VISI yakni menjadi kota bisnis dan kota wisata di  zaman Hindia Belanda. Pada masa itu di kota ini sudah ada perusahaan niaga besar, hotel, klub eksekutif dan bisnis, bioskop, grup musik, dan surat kabar. Kapal-kapal dari dan ke Eropa selalu singgah di pelabuhan Emmahaven (sekarang: Teluk Bayur) yang dibangun Belanda pada tahun 1888. Penduduk Kota Padang pada waktu itu sudah majemuk: pribumi, Eropa, dan bangsa-bangsa Asia lainnya. Di zaman kolonial Padang adalah kota termaju di pantai barat Sumatra. Menjelang pergantian abad ke-19 dan abad ke-20, kota Padang boleh dibilang relatif telah memenuhi kriteria kota modern dan berkembang pesat sampai saat peristiwa gempa tahun 2009.  Selain makanannya dan kebersihannya yang udah tersohor sampe se-Indonesia, Padang juga punya banyak keistimewaan loh, apa aja? Yuk kita jelajahi satu persatu.

Coba lihat balaikota Padang tempo dulu dengan lingkungan yang bersih 


Kantor Balaikota Padang di jalan Sandang Pangan, didepannya ada lapangan Imam Bonjol.
Foto Gedung Bagindo Aziz Chan dan disampingnya ada percetakan Sri Dharma. 1969
Jembatan Subarang Padang dengan Sungai Batang Arau yang masih bersih dan belum dangkal dan kumuh  seperti saat sekarang ini. Tahun 1970.
Padang punya  tempat cerita melegenda loh, apa aja? Yuk kita jelajahi satu persatu.

Pantai Padang.


Pantai padang (tapi lauik, bahasa Padang) yang terletak di pusat kota Padang, dan gak jauh dari rumahku...eeeeh apalagi kampusku dulu  haha bangga deeeh. bisa dilihat kan dari gambarnya? Indah kan? Emang..!!  Pantai yang berada di pusat kota Padang ini emang cocok banget dijadiin tempat wisata atau cuman sekedar jalan-jalan sore, kalau sore, sunsetnya mantep beneeerrr!! Sore-sore biasanya udah banyak tuh warung tenda  yang menjajakan makanan di pantai, kayak rujak, es tebak, sate padang, jagung bakar, telur penyu rebus, kacang goreng dan rebus dsb. *jadi laper and ngileeeer niih*



Nah..kalau yang ini adalah pantai air manis, atau yang lebih terkenal dengan cerita legenda si malin kundang.. Pantai ini emang terkenal dengan ombaknya yang kecil, karna pantai ini emang terletak di daerah pegunungan, asyik kan?  Diwaktu tertentu nanti ada saatnya air lautnya itu surut, dan kita bisa jalan kaki ke pulau yang ada di tengahnya, itu namanya pulau pisang besar.... indah banget deh!

Di pantai ini juga tempat yang tepat buat ngumpulin kerang kerang laut *buat yang hobi* disini juga terdapat gazebo buat keluarga yang lagi piknik.. asyik bangeeet ..

Ini, foto  batu si malin kundang yang terkenal itu...............


Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya ini dibangun dengan gaya bangunan Chinese  menghubungkan jalan Muara ke sisi bukit yang dikenal dengan Gunung Padang ( Bukit Sentiong,red ). Jika kita  sampai diseberang Sungai Batang Arau lalu mendaki bukit eeeeh Gunung Padang sekarang disebut Gunung Siti Nurbaya kita akan sampai ke Pantai Ayia Manieh (Air Manis, red)  lokasi legenda batu si malin kundang dengan melewati pinggiran lokasi kuburan Tionghoa.

Pasti udah pada tau dong cerita tentang Siti Nurbaya? Cerita romeo si Samsu dan juliet nya Siti Nurbaya ala Kota Padang, itu emang udah terkenal dimana-mana..sama Datuk Maringgihnya  yang kaya raya itu lho hehehehe. Naaaah.. jembatan yang ada di cerita itu pun menjadi salah satu daya tarik kota padang loh..mau bukti? Datang deh kesana.

Bagus kan? Dan bila malam hari, terlihat  disekitar jembatan Siti Nurbaya ini banyak banget aneka kuliner yang tersedia.

Tapi sayang seribu sayang...!!!!! Kenapa kok pemdanya gak mampu memotivasi warganya untuk menata dan menjadikan KOTA  TERBERSIH se INDONESIA lagi yaaaa???? Kapaaaaan bisa BANGKIT  lagi dan jadi kebanggaan Masyarakat MINANG sedunia.. 

Semoga Bapak Walikota selaku Pemerintah Daerah Kota  yang terpilih saat ini, diharapkan bisa menata ulang konsep kota yang tetap berkelanjutan menjadi kota  terbersih dan modern serta berbudaya agar sebutan KOTA PADANG TERCINTA tersebut kembali menjadi kebanggaan warga kota Padang khusus sebagai Ibu kota Sumatera Barat yang memberi inspirasi bagi kota kota yang ada di ranah Minang ini..semoga generasi muda bisa mendorong dan saling membantu untuk  bersinergi dalam mewujudkan Kota Terbersih di Indonesia...!!!. 

Friday, 26 June 2015

Waiting for..

Mengapa harus menunggu? Karena walaupun kita ingin mengambil keputusan, kita tidak ingin tergesa-gesa. Karena walaupun kita ingin cepat-cepat, kita tidak juga  ingin sembrono. Karena walaupun kita ingin segera menemukan orang yang kita cintai, kita tidak ingin kehilangan jati diri kita dalam proses pencarian itu.

Pada akhirnya, lebih baik menunggu orang yang kita ingin kan, ketimbang memilih apa yang ada. Tetap lebih baik menunggu orang yang kita cintai, ketimbang memuaskan diri dengan apa yang ada...Tetap lebih baik menunggu orang yang tepat, Karena hidup ini terlampau singkat untuk dilewatkan bersama pilihan yang salah, karena menunggu mempunyai tujuan yang mulia dan misterius.

whisper,sh-google
Memang seeh kalo Bunga tak mekar dalam waktu semalam .., Kehidupan dirajut dalam rahim ibu selama sembilan bulan, 

AAAAhhhhhh...yaaa begitulah ,Allah lebh tahu apa yang kita butuhkan , Walau  untuk meraih hal yang indah dalam hidup ini selalu butuh waktu yang lama. (kok  doa nya memaksakan kehendak ya ??!!!    hehehehehehe...)
Dan penantian kita tidaklah pernah sia-sia.... Jika waktu untuk  menunggu membutuhkan banyak kekuatan  iman, keberanian, dan pengharapan – penantian itu  menjanjikan satu hal yang takkan dapat dibayangkan  oleh siapapun juga. Di dunia ini.

Pada akhirnya.

Tuhan dalam segala hikmat-Nya, meminta kita menunggu, karena alasan yang penting.  Cinta itu indah tapi yang indah-indah belum tentu  cinta...hehehehe..contohnya ???...cari deeech..

DD021//ar.


AL-QURAN PENGOBAT HATI








google

Ayat-ayat Al-Quran yang dapat dijadikan terapi pengobat hati, berikut beberapa petikannya :

KENAPA AKU DIUJI?
Surat Al-Ankabut: 2-3
“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan (saja) hanya dengan mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?Dan sesungguhnya, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia pasti mengetahui orang-orang yang dusta.”

KENAPA AKU TIDAK MENDAPATKAN APA YANG AKUIDAM-IDAMKAN?
Surah Al-Baqarah ayat 216
“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

KENAPA UJIAN SEBERAT INI?
Surah Al-Baqarah ayat 286
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

BAGAIMANA MENYIKAPI RASA FRUSTASI?
Surah Al-Imran ayat 139
“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”

SUNGGUH, AKU TAK DAPAT BERTAHAN LAGI…!!!!!
Surah Yusuf ayat 87
“Dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan orang-orang yang kafir.”

BAGAIMANA AKU HARUS MENGHADAPI PERSOALAN HIDUP ?
Surah Al-Imran ayat 200
“Wahai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.”

APA SOLUSINYA?
Surah Al-Baqarah ayat 45-46
”Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan (shalat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk, (yaitu) mereka yang yakin, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.”

SIAPA YANG MENOLONG DAN MELINDUNGIKU?
Surah Ali Imran: 173
“Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

KEPADA SIAPA AKU BERHARAP?
Surah At-Taubah ayat 129
“Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.”

APA BALASAN ATAU HIKMAH DARI SEMUA INI?
Surah At-Taubah ayat 111
“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, baik diri maupun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.”

DD240710, Al-quran.

Wednesday, 24 June 2015

Menu Sahur dan Buka Puasa Ramadhan

Menu Makan Sahur dan Buka Puasa Kita. Jika kita memilih menu makan sahur yang tepat   akan membuat puasa kita tidak terganggu rasa lemas atau ngantuk. Untuk membuat tubuh kita merasa tetap fit dalam berpuasa, tentunya kita harus pintar-pintar memilih menu makan sahur yang sehat dan tepat.

Berbuka Puasa, dengan  pilihan konsumsi  dari bermacam-macam buah-buahan sebagai makanan yang manis natural, bahkan manis alami yang bervariasi seperti ; buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa. Buah-buah yang bersifat mudah dicerna dan tubuh kita mendapatkan berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah. Selain itu penting untuk diperhatikan adalah meminum air putih manis hangat minimal sama dengan suhu tubuh kita disaat pertama berbuka,beberapa saat  setelah itu baru minum es , kenapa ?? kata ahli medis “ menjaga kondisi lambung tidak kaget dan bisa bekerja secara berangsur angsur”.

Selanjutnya hidangan sehat lain yang disarankan dalam menu buka puasa dengan asupan sayuran hijau , biji-bijian dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik dan mudah dicerna. 

Menu masakan utama buka puasa juga bisa digunakan untuk  menu sahur. Untuk memenuhi akan kebutuhan variasi dalam menu buka puasa dan sahur itu tentu saja yang enak, simpel, ekonomis dan sederhana atau murah meriah gak masalah,karena yang kita capai dalam ibadah ini adalah menjaga tubuh selalu sehat dan bugar untuk bisa melakukan aktifitas wajib lainnya  yakni sholat taraweh dan lima waktu, serta baca al quran (tadarusan).

Untuk membantu mencari menu masakan, saya gugah pembaca dengan contoh masakan simpel, enak, ekonomis dan sederhana itu seperti ; Pindang Telur  Kecap, Jamur Bumbu Tongseng , Sayur Capcay, Telur  Dadar  pake Bayam atau Irisan Bawang Merah , Buncis Asam Manis , Sayur Asem , Udang Krispi, Sambal Telor Ceplok, Tumis Sarden, Cah Kangkung, Perkedel Jagung, Urap Sayur , Aneka Soto dan lain sebagainya.

Biasanya ibu rumah tangga apalagi yang punya aktifitas kerja diluar rumah,maka kurangnya waktu tidur yang tidak seperti hari-hari biasanya sementara harus tetap beraktifitas penuh di siang hari membuat sangat diperlukannya kreasi menu sahur dan buka puasa sederhana yang praktis. Cara memasak yang praktis tentunya bertolak belakang dengan kata malas. Masakan praktis lebih tepat jika dimaknai sebagai suatu gagasan atau ide kreatif dalam memilih menu atau mengolah masakan secara lebih mudah dan simpel tanpa mengabaikan penggunaan bahan yang sehat dan bergizi serta cita rasa yang dihasilkan.
source google


Selain pemilihan bahan baku yang sederhana atau ekonomis, menyiapkannya sebelum bahan dan bumbu-bumbu dari resep-resep masakan sehat yang telah dipilih setidaknya akan memberikan efek praktis dikarenakan bahan dan bumbu yang akan digunakan telah tersedia...bener gak ??. setuju ya buk. Hehehehe.

Buat tambahan menu sahur dan buka puasa, saya bagikan resep  cara membuat  Kentang Goreng Renyah.

Berikut ini, salah satu tips atau cara yang bisa kita lakukan untuk menggoreng kentang ala french fries sehingga menghasilkan kentang goreng yang lebih renyah, garing dan terasa gurih...


Bahan :

  • kentang, potong persegi memanjang, cuci hingga bersih
  • garam
  • es batu
  • tepung maizena

Cara Mengolah  :
  • Rendam kentang selama beberapa saat dalam air garam. Kemudian masukkan es batu secukupnya,rendam kembali minimal 30 menit. Jika air sudah mulai tidak dingin, tambahkan es batu.
  • Tiriskan kentang, lap dengan paper towel agar benar-benar kering.
  • Taburi dengan tepung maizena. Kemudian goreng sampai kekuningan. Dinginkan, masukkan dalam freezer.
  • Pada waktu akan dipergunakan, goreng kembali hingga benar-benar matang.

Dalam memilih lauk pauk untuk sahur  dianjurkan menghindari menu makanan yang berlemak seperti gorengan atau yang berkuah santan, karena tubuh kita akan berat untuk mencerna makanan tersebut yang berdampak pada tubuh kita akan banyak mengeluarkan cairan serta keringnya tenggorokan, sehingga kita akan cepat merasakan dehidrasi.
Selain menahan rasa lapar selama berpuasa, mungkin rasa hauslah yang paling sulit untuk ditahan. Maka agar kita bisa terhindar dari rasa haus dan dehidrasi selama berpuasa, cobalah sesering mungkin untuk minum air putih di waktu sahur, berbuka dan di sela-sela berbuka dan makan sahur, karena air juga merupakan salah satu sumber energy bagi tubuh kita. Sebagai pelengkap kita juga bisa meminum susu di waktu sahur agar kita tetap bugar.
Di waktu sahur, kita dianjurkan untuk menghindari makanan yang manis-manis,karena ketika gula dalam darah meningkat setelah kita makan badan terasa segar,namun siangnya saat gula darah turun maka badan atau tubuh kita terasa lemas banget , jadi makanan manis hanya cocok untuk menu berbuka puasa saja, namun untuk di makan disaat sahur justru hal tersebut akan membuat kita akan merasa cepat lapar dan haus. Kita bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah buahan yang kaya akan serat alami sebagai sumber vitamin yang baik bagi tubuh kita.

Sebagai penutup cerita ini, kita harus ingat janganlah makan berlebihan di saat kita sahur, karena selain tidak baik dari segi agama, ternyata bagi tubuh kita juga tidak baik. Karena jika makan berlebihan nantinya akan menyebabkan tubuh kita cepat merasa lemas sehingga akan menyebabkan terganggunya puasa kita. Oleh karena itu makanlah secukupnya dan SELAMAT BERPUASA.

Tuesday, 23 June 2015

Akhirnya Ku menemukanmu.


Akhirnya Ku menemukanmu


Kebiasaan Melanjutkan Tidur, Tepat Setelah Makan Sahur

Kebiasaan Melanjutkan Tidur, Tepat Setelah Makan Sahur. Umat Muslim umumnya mulai makan sahur pada waktu dini hari sebelum fajar terbit antara jam 3  dan jam 4 untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Sahur merupakan waktu makan yang sangat penting bagi orang yang akan berpuasa di bulan Ramadan. Tentunya bangun lebih awal dari biasanya membuat orang akan mengantuk sesudah makan dan ingin meringkuk lagi ke tempat tidurnya. 
 
Kebiasaan ini menjadi  wajar karena kurangnya waktu tidur. Alasan lainnya  untuk langsung tidur setelah sahur dijadikan cara untuk mencegah kantuk di siang hari bagi orang-orang yang bekerja dikantoran. Namun, tanpa kita sadari ada bahaya kesehatan yang mengintai jika kita langsung tidur tepat setelah makan sahur.
Langsung tidur itu bisa membahayakan sistem pencernaan. Karena pada posisi berbaring membuat makanan yang baru saja masuk ke lambung akan berbalik arah ke tenggorakan dan mulut, yang sering kita rasakan seperti menyumbat di leher atau tenggorokan kita. Kondisi ini disebut  dengan “berbaliknya  makanan dari lambung ke dalam saluran yang mengangkut makanan dari mulut ke perut".


Kenapa hal itu bisa terjadi ? "Disebabkan adanya kondisi berbalik arah, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah menuju ke kerongkongan. Selain itu, akan ikut terbawa asam lambung oleh makanan tersebut".



Akibat yang kita rasakan, kerongkongan akan terasa kering, panas, kadang membuat orang merasa mual, mulas dan ingin muntah. Hal ini akan menjadi makin parah bila orang tersebut menderita penyakit mag atau tukak lambung. Dalam kondisi yang parah, asam lambung yang berbalik arah bisa mencapai saluran pernapasan, menyebabkan peradangan pada kerongkongan, paru-paru dan kotak suara kata ahli medis. Hal lain bisa menyebabkan berbagai komplikasi, mulai dari kanker kerongkongan hingga kematian..wauu...!!

google picture
Tapi jangan panik dulu yaa...ada masalah pasti ada solusi!! Caranya untuk menghindari kondisi ini  “tidur  pakai bantal yang bisa jadi sandaran tubuh kita agar bisa membuat posisi setengah duduk, penulis juga sering melakukan ini dan alhamdulillah kondisi tenggorokan yang terasa menyumpal tidak terasa  lagi”. 


Semoga tips cara tidur ini memberi kepuasan tidur yang  singkat namun memberi kesegaran disaat beraktifitas di siang hari. :) 

Monday, 22 June 2015

Kejujuran Dalam Konteks Berpuasa.

Kejujuran dalam konteks berpuasa. Puasa dalam bahasa Al-Qur’an adalah Al-Shiyam, yang makna turunannya  adalah Al-Imsak yang artinya “ menahan “. Secara istilah, puasa diartikan sebagai “menahan makan dan minum serta sesuatu yang merusaknya mulai fajar hingga terbenam matahari”. Pengertian ini secara materil, kita yang berpuasa dilarang melakukan perbuatan yang secara materil berhubungan aktifitas kebendaan seperti makan, minum dan berhubungan badan (seksualitas). Tetapi makna tersebut sesungguhnya hanya pada wilayah kebendaan yang bersifat memberikan kepuasan yang bersifat fisik semata secara mikro. Sedangkan Al-Shiyam secara makro diartikan sebagai upaya menahan diri dari hal yang membatalkan secara kebendaan, maupun hala-hal yang merusaknya secara spiritual seperti perkataan kotor, perbuatan terlarang, dusta, kebodohan, jahil dengan seluruh kawan-kawannya, berikut melakukan amalan-amalan wajib dan sunnat yang berkaitan dengannya.
Pengertian Shiyam seperti inilah yang dikehendaki oleh Allah SWT, sehingga kepada orang-orang beriman dipanggil untuk melakukannya (Al-Shiyam Adapun kejujuran atau jujur dalam bahasa Al-Qur’an “Al-Shadiqin” (Orang-orang benar atau jujur). Dan, panggilan untuk menjadi orang-orang benar-jujur, juga hanya dialamatkan Allah kepada orang-orang beriman sebagaimana panggilan puasa pada orang-orang beriman. 

“Hai orang-orang beriman bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar/jujur” (QS: Al-Taubah: 119).

Artinya tanda-tanda paling utama dari orang beriman dan bertaqwa itu adalah orang yang berbuat benar/jujur. Atau dengan pengertian lain bahwa orang beriman itu ialah mereka yang bertaqwa dan mereka yang berkata benar/jujur

Harus diakui bahwa salah satu krisis terbesar di zaman sekarang adalah “Krisis kejujuran”. Akibat krisis ini maka orang-orang jujur/benar di zaman ini termasuk barang langka alias tidak banyak alias hanya sedikit sekali. Menemui manusia  yang jujur di zaman ini seperti mencari mutiara di lautan lepas . Bahkan menemukan masyarakat yang jujur pun tak ubahnya seperti sulitnya mendapatkan pemimpin yang jujur. Masyarakat dan pemimpin di zaman ini nyaris tidak terselamatkan dari perkataan dan perbuatan jujur. Mereka sedang berlomba dalam ketidakjujuran untuk mendapatkan kekuasaan dan rizki yang tidak berkah, alias haram.

Tahta,harta dan berkiblat pada wanita pemuas libido telah menjadi pemujaaan baru di era kini. Merasa bangga menikmati cara kehidupan tersebut, kendati mengklaim diri sebagai orang beriman. Sumpah dan janji atas nama agama semakin marak di ingkari ketika ia menjadi pemimpin. Mereka memakai Ilmunya kuda, ditaruh didepan dia menggigit di taruh dibelakang dia menyepak. Ketika ia jadi masyarakat biasa pun bertingkah  yang aneh-aneh. Untuk yang satu ini dipakai ilmunya kodok keatas menjilat, kesamping menyikut, kebawah menginjak. Begitulah gambaran makro masyarakat  kita. 

Sehingga mendapatkan manusia yang jujur di era kini sudah termasuk makhluk yang paling langka. Jika tidak kita akan mendapatkan sebuah generasi masyarakat yang serba pemissive  yang terus membiarkan tingkah laku konyolnya pada sesama. Akibatnya terjadilah kerusakan sikap moral negatif  diseluruh lapis  kehidupan masyarakat  karena didominasi manusia yang berbuat kerusakan. seperti yang tergambar dalam firman Allah 

“Telah nampak kerusakan didarat dan dilaut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya merasakan pada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka agar mereka kembali (kejalan yang benar) (QS: Al-Rum: 41).

Telah nyata secara de facto dan de jure tentang keadaan kita di era kekinian. Lantas apakah kita tidak mau mengambil pelajaran untuk segera kembali kepada jalan yang benar ? Ataukah kita ingin mendapatkan kehancuran total dari semua fasilitas dan sistem kehidupan kita dikemudian hari  ? yang merusak tatanan budaya luhur yang sudah dijalani generasi terdahulu dan menjadi pegangan hidup berbangsa dan bernegara yang dikenal punya rasa solidaritas sosial dan bermartabat mulia. Hanya orang-orang beriman yang muttaqin dan jujur dalam menjalani kehidupannya sajalah yang bisa memperbaiki keadaan ini sehingga shiyam harus diartikan sebagai mempuasakan diri dari segala bentuk kemungkaran. 

Sementara itu muttaqin harus pula mentaqwakan diri dari segala yang ma’ruf supaya tumbuh masyarakat baru yang lebih baik dan mendapat Ridha Allah SWT dinegeri yang kita diami inipun akan menjadi negeri Baldatun Thayyibatun Warabbun Gafur (penduduk yang senantiasa tunduk dan patuh dalam menjalankan perintah Allah, bebas dari kesyirikan dan kedzaliman serta selalu mensyukuri nikmat yang Allah berikan.. Sungguh mereka mencintai Allah dan Allah mencintai mereka. Dan  senantiasa  meninggalkan pekerjaan yang mengandung kebohongan, baik dalam ucapan maupun tindakan).

Semenjak  dari usia baligh kita telah berpuasa dan malah disepanjang umur kehidupan kita. Nilai dari pendidikan puas itu seharusnya dapat merubah dan membuat trend peningkatan kepribadian kita menjadi lebih dan lebih baik dari sebelumnya . Yaitu: dari pribadi yang suka dengan perbuatan jujur, menjadi sosok pribadi yang taqwa (konstruktif), termasuk dari yang suka berbohong menjadi cinta pada kejujuran.

Lalu apakah ada yang salah ? .... Jujur kita akui bahwa masyarakat  di negeri ini banyak yang melaksanakan ibadah puasa, berhaji, berzakat dan masih setia membaca dua kalimat syahadat, tetapi implementasinya tidak sebanyak itu, gak tau berapa pastinya.... 

Sehingga bisa dikatakan ada yang salah ,artinya keberagamaan kita masih bersifat simbolik-situasional ketimbang berkepribadian agama secara otentik yakni satunya kata dengan perbuatan. Padahal perintah beragama itu secara substansial adalah membentuk kepribadian yang shaleh secara pribadi maupun shaleh secara sosial. Itulah hakekat beragama (berislam) yang sebenarnya untuk mendapatkan hasanah di dunia sekaligus hasanah di hari akhirat kelak yang menjadi dambaan setiap mukmin dalam do’a yang disebut sapu jagad itu.


Jika demikian halnya, maka kejujuran dalam konteks berpuasa harus menjadi satu setel pakaian lahir batin dalam keseharian kita. Dia harus menghiasi dan memperindah diri kita dalam setiap aktivitas dimana dan kapanpun kita berada. Jangan ada penyimpangan dalam diri orang yang beriman. Insyaallah mulai dari diri kita terlebih dahulu,maksudnya diri penulis  lho..!!..moga puasa tahun ini menjadikan instropeksi  diri kita semua menjadi manusia yang lebih bertakwa.

by so2015